11 February 2016

Soal dan Jawaban EDP Audit

1.       Apa yang dimaksud dengan struktur data?
Struktur data adalah struktur data yang memiliki dua komponen dasar yaitu organisasi dan metode akses. Struktur data dibagi menjadi sistem file datar dan sistem basis data.

2.       Apa perbedaan antara metode akses berurutan (ISAM) dengan metode akses berindeks?
·         Metode akses berurutan (ISAM) tidak mengizinkan akses ke suatu record secara langsung.  File yang memerlukan operasi akses langsung memerlukan struktur data yang berbeda.
·         Metode akses berurutan berindeks digunakan untuk file yang sangat besar yang memerlukan pemrosesan batch secara rutin dan tingkat pemrosesan record tingkat individual yang tidak terlalu tinggi.

3.       Apa yang dimaksud dengan baris data relasional? Media apa yang digunakan untuk menghubungkan antar tabel? Jelaskan!
Basis data relasional adalah bersifat implisit, menyediakan hubungan antara tabel-tabel yang berkaitan. Struktur data yang mendasari model relasional adalah file berurutan berindeks. Struktur yang memungkinkan akses langsung ke masing-masing record dan pembuatan batch dari seluruh file.

4.       Apa yang dimaksud dengan tampilan pengguna? Mengapa diperlukan tabel yang dinormalisasi dalam membuat tampilan pengguna?
Tampilan pengguna adalah rangkaian data yang dibutuhkan oleh pengguna tertentu untuk memenuhi tugasnya.
Tren saat ini adalah menangkap data yang cuup terperinci dan beragam guna mempertahankan tampilan bagi pengguna. Tabel-tabel yang mendukung tampilan bagi pengguna disebut tabel dasar, untuk bisa efektif, tabel-tabel ini harus dinormalisasi dengan baik.

5.       Apa yang dimaksud dengan GAS? Mengapa GAS paling banyak digunakan oleh Kantor Akuntan Publik?
Perangkat lunak audit yang digeneralisasi (GAS) adalah CAATT yang paling banyak digunakan untuk audit SI. GAS memungkin auditor untuk mengakses secara elektronik berbagai file data berkode dan melakukan berbagai operasi atas isinya. GAS dapat digunakan untuk mengaudit data yang disimpan dalam hamper semua struktur serta format file.

6.       Jelaskan apa yang dimaksud dengan ERP? Apa yang dimaksud aplikasi inti? Apa yang dimaksud dengan Online Analitical Processing (OLAP)? Berikan contoh masing-masing!
·         ERP (Enterprise Resource Planning) adalah paket peranti lunak yang terdiri atas beberapa modul dan yang berubah terutama dari sistem perencanaan sumber daya manufaktur tradisional. Contohnya: Mengintegrasikan berbagai proses utama suatu perusahaan seperti entri pesanan, produksi, pengadaan, utang usaha, penggajian, dan sumber daya manusia.
·         Aplikasi Inti adalah aplikasi yang secara operasional mendukung berbagai aktivitas harian perusahaan. Contohnya: Penjualan dan distribusi, perencanaan bisnis, perencanaan produksi, pengendalian pabrik dan logistik.
·         On Line Analitical Processing (OLAP) adalah aplikasi inti yang mendukung pekerjaan yang sangat penting bagi manajemen melalui investigasi analitis berbagai hubungan data yang kompleks dan yang disimpan dalam gudang data. Contohnya: Agregasi data penjualan berdasarkan area, jenis produk, dan saluran penjualan.

7.       Mengapa tabel yang dinormalisasi digunakan dalam gudang data?
Karena besarnya ukuran gudang data, maka inefisiensi akan menghancurkan bagi perusahaan. Penggabungan tiga anak antar kabel dalam gudang data yang besar mungkin akan membutuhkan waktu lama untuk selesai dilakukan dan mengkin bahkan tidak dibutuhkan. Dalam model data gudang data, hubungan atribut tidak berubah. Karena data historis bersifat statis, maka tidak ada hal yang bisa didapat dengan membangun tabel ternormalisasi dengan link yang dinamis.

8.       Jelaskan mengapa gudang data harus dipisahkan dari basis data operasional?
Salah satu alasan untuk memisahkan gudang data:
a.       Efisiensi Internal
b.       Integrasi Sistem Warisan
c.       Konsolidasi Data Global

9.       Jelaskan bagaimana SAP menggunakan peran pengguna sebagai salah satu cara untuk meningkatkan pengendalian internal?
SAP, sebuah sistem ERP terkemuka, menggunakan teknik konfirgurasi yang disebut peran pengguna. Setiap peran akan dihubungkan dengan sebuah rangkaian aktivitas tertentu yang ditugaskan kepada seseorang pengguna sah sistem ERP terkait. SAP saat ini menyediakan ISO User Role yang siap pakai, yang akan membatasi akses seseorang pengguna ke hanya beberapa fungsi dan data terkait tertentu saja.

10.   Jelaskan apakah yang dimaksud dengan:
a.       Pengendalian Jejak Audit
Setiap transaksi harus dapat ditelusuri melalui tiap tahap pemrosesan dari sumber ekonominya hingga ke penyajiannya dalam laporan keuangan.
b.      Pengendalian Run to Run
Menggunakan angka-angka batch untuk memonitor batch terkait saat batch tersebut berpindah dari salah satu prosedur terprogram ke prosedur lainnya.
c.       Pengendalian Intervensi Operator
Lebih sedikit kemungkinannya menimbulkan kesalahan pemrosesan, walaupun dapat saja tidak mungkin meniadakan keterlibatan operator secara penuh, nilai parameter dan poin mulai program seharusnya, sedapat mungkin, didapat secara logis atau dimasukkan ke sistem melalui tabel bok-up.

11.   Apa yang anda ketahui tentang:
a.       Pengendalian sistem batch
Metode yang tidak efektif dalam mengelola volume data transaksi yang besar dalam sistem.
b.      Pengendalian Real Time
Mengarahkan outputnya langsung ke layar komputer, terminal atau printer pengguna.

12.   Apa yang dimaksud dengan:
a.       Pengendalian Kotak Hitam
Tidak bergantung pada pengetahuan terperinci mengenai logika internal aplikasi.
b.      Pengendalian Kotak Putih
Tergantung pada pemahaman yang mendalam atas logika internal aplikasi yang diuji.

13.   Apa yang anda ketahui tentang:
a.       Metode Data Uji
Digunakan untuk membentuk integritas aplikasi melalui pemrosesan rangkaian data input yang dibuat khusus melalui aplikasi produksi yang sedang dikaji.
b.      Fasilitas Uji Terintegrasi
Teknik otomatis yang memungkinkan auditor menguji logika aplikasi dan pengendaliannya dalam masa operasi normal.
c.       Simulasi Pararel
Mengharuskan auditor menulis sebuah program yang menyimulasikan berbagai fitur atau proses utama dari aplikasi yang diuji.

14.   Apa yang dimaksud dengan pengendalian input?
Adalah tahap desain untuk memastikan bahwa berbagai transaksi ini valid, akurat dan lengkap.
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Yang mau komentar silahkan..