1. Jelaskan perbedaan antara slip
pengepakan, pemberitahuan pengiriman, dan bill of lading?
2. Jelaskan perbedaan antara
pengeditan (edit run), pengurutan (sort run), dan pembaruan (update run)?
3. Pada poin mana di siklus
pendapatan yang memerlukan verifikasi independent?
4. Apa saja ayat jurnal yang
dipicu oleh sistem pembelian? Dari bagian mana saja ayat jurnal ini timbul?
5. Apa saja tiga dokumen yang
harus menyertai pembayaran suatu faktur? Jelaskan peran dokumen tersebut!
6. Apa saja tiga tahap logis dari
sistem pengeluaran kas?
7. Dokumen mana yang digunakan
oleh bagian akuntansi biaya untuk mengalokasikan pembebanan tenaga kerja
langsung ke WIP?
8. Dokumen-dokumen apa yang
termasuk jejak audit untuk penggajian?
9. Apa perbedaan antara sistem
aktiva tetap dengan sistem pembelian?
10.
Apa saja tiga fungsi utama yang dilayani oleh
bagian pengendalian persediaan dalam
11.
Apa saja jenis laporan manajemen yang dibuat
oleh sistem akuntansi biaya?
12.
Apa saja yang dimaksud dengan pernyataan bahwa
persediaan menyamarkan masalah produksi dan dapat menyebabkan kelebihan
produksi?
Jawaban
- - - - - - - -
1.
Perbedaan antara slip
pengepakan, pemberitahuan pengiriman, dan bill of lading :
· Slip
pengepakan adalah sebuah dokumen yg dibuat oleh bagian pengiriman barang
(terutama bagian pengepakan/packing) yg menampilkan nama item dan kuantitas untuk
menggambarkan isi kiriman tersebut, yg dikirim bersamaan dengan barang kepada
pelanggan.
· Pemberitahuan
pengiriman adalah dokumen /surat pemberitahuan tertulis yg diberikan dan dibuat
oleh bagian pengiriman barang selaku penjual kepada pihak pembeli dimana
didalamnya termasuk item dan kuantitas barang yg dikirim dan detail pengiriman
(tanggal pengiriman dan jasa angkut pengiriman) bisa juga disertakan copy dari
slip pengepakan. Dokumen ini bertujuan untuk memberi informasi bahwa barang
pesanan telah dikirim / dalam proses pengiriman.
· Bill
of Lading adalah kontrak formal antara penjual dan perusahaan pengiriman untuk
mengirim barang ke pelanggan. Dokumen ini menentukan kepemilikan dan tanggung
jawab atas barang dalam perjalanan.
· Kesimpulannya
: Proses/waktu pembuatan ketiga dokumen tersebut dalam pengiriman barang saling
berkaitan. Pertama bagian pengiriman barang (selaku penjual) membuat slip
pengepakan, lalu pemberitahuan pengiriman, dan selanjutnya membuat Bill of
Lading saat pengiriman akan dilakukan (sudah sampai di pengangkutan).
2.
Perbedaan Edit Run,
Sort Run, dan Update Run.
· Pengeditan
(Edit Run) adalah mengidentifikasi kesalahan administrasi dalam Batch dan
menempatkan mereka ke dalam file eror.
· Pengurutan
(Sort Run) adalah menempatkan berkas transaksi dalam urutan yg sama seperti file
induk dengan menggunakan kunci primer.
· Pembaharuan
(Update Run) adalah proses memperbaharui data (yang sudah diedit dan diurutkan)
apabila terdapat tambahan ataupun pembetulan / revisi dari data-data tertentu
yg sudah disimpan di database sebelumnya.
3.
Siklus pendapatan
memerlukan verifikasi independen pada saat perusahaan ingin meningkatkan dan
memverifikasi kebenaran dan kelengkapan dari prosedur yang
dilaksanakan/dilakukan oleh orang lain dalam sistem, verifikasi independen ini
dilakukan di dalam dua proses, yaitu pada pemrosesan penjualan (Dept.
Pengiriman, Dept. Penagihan, dan Buku Besar Umum) dan Penerimaan kas
(Pengiriman kas, buku besar umum, dan rekonsiliasi bank)
4.
Pada Staf administrasi
bagian utang usaha. Ayat jurnal metode persediaan perpetual : Persediaan -
pengendali pada utang usaha - pengendali. Sedangkan Metode persediaan berkala :
pembelian pada utang usaha - pengendali.
5.
Tiga dokumen yg harus
disertai pembayaran suatu faktur :
1)
Permintaan pembelian
2)
Pesanan pembelian
3)
Laporan penerimaan barang
6.
Tiga tahap logis
pengeluaran kas :
1)
Proses utang usaha meninjau file
utang usaha mengenai berbagai dokumen yang jatuh tempo dan mengotorisasi proses
pengeluaran kas untuk melakukan pembayaran.
2)
Proses pengeluaran kas
membuat dan mendistribusikan cek ke para pemasok. Salinan dari berbagai cek
tersebut akan di kembalikan ke bagian utang usaha sebagai bukti bahwa kewajiban
telah dibayar, dan akun utang usaha akan diperbarui untuk menyingkirkan
kewajiban tersebut.
3)
Pada akhir periode, baik
proses pengeluaran kas maupun utang usaha mengirim informasi ringkas ke buku
besar. Informasi tersebut direkonsiliasi dan dicatat ke akun pengendali kas
serta utang usaha.
7.
Dokumen yang digunakan
bagian akuntansi untuk mengalokasikan pembebanan tenaga kerja langsung ke WIP
adalah kartu pekerjaan (Job Card/ Ticket).
8.
Dokumen yg termasuk
jejak audit untuk pengkajian :
1)
Laporan keuangan (laporan L/R
& Neraca jika diperlukan)
2)
Buku besar
3)
Buku besar pembantu
4)
Bukti transaksi
9.
· Sistem Aktiva Tetap :
1)
Memproses akuisisi aktiva
tetap ketika diperlukan dan sesuai dengan persetujuan dan prosedur manajemen formal.
2)
Mempertahankan catatan
akuntansi yang memadai dari akuisisi, biaya, deskripsi dan lokasi fisik aktiva
di dalam organisasi.
3)
Mempertahankan catatan
depresiasi yang akurat untuk aktiva-aktiva yang dapat disusutkan sesuai dengan
metode yang wajar.
4)
Menyediakan informasi bagi
pihak manajemen yang dapat membantu merencanakan investasi aktiva tetap dimasa
yang akan datang.
5)
Mencatat penghapusan aktiva
tetap yang benar.
·
Sistem Pembelian :
1) Fungsi
pembelian dimulai dengan mengenali kebutuhan untuk menambah persediaan kembali
melalui observasi catatan persediaan.
2) Proses
pembelian menentukan jumlah yang dipesan. Memilih pemasok dan membuat pesanan
pembelian. informasi tersebut dikirim ke pemasok dan proses utang usaha.
3) Perusahaan
selanjutnya akan menerima barang persediaan yang dipesan dari pemasok dimana
barang yg diterima akan diperiksa item, kualitas, dan jumlahnya. Informasi
penerimaan barang digunakan untuk memperbarui catatan persediaan.
10.
3 Fungsi utama
pengendalian persediaan dalam proses produksi :
1)
Menjaga agar perusahaan tidak
mengalami kekurangan barang persediaan pada saat diperlukan yg dapat
menyebabkan terhenti atau terganggunya proses produksi.
2)
Menjaga agar keadaan
persediaan tidak terlalu besar / berlebihan sehingga biaya-biaya yg timbul dari
persediaan tidak terlalu besar pula.
3)
Selain untuk memenuhi
permintaan pelanggan, persediaan juga diperlukan apabila biaya untuk mencari
barang/bahan pengganti atau biaya kehabisan bahan atau barang (stock out)
relatif besar.
11.
jenis laporan manajemen
yang dibuat oleh sistem akuntansi biaya : Permintaan bahan baku, permintaan
tambahan bahan baku, dan pengendalian bahan baku.
0 komentar:
Post a Comment
Yang mau komentar silahkan..